Kajian Rutin Ahlussunnah di Kab. Sidrap, Sul - sel. (Revisi 1 Dzulhijjah 1432 H)

Bismillah. Alhamdulillah atas kemudahan dari Allah Azza wa Jalla, majelis ilmu di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan kini dilaksanakan secara rutin baik kajian bulanan maupun kajian pekanan, berikut jadwal lengkapnya :

A. KAJIAN BULANAN

1. HARI AHAD PERTAMA

  • Waktu : 09.00 s/d Dzhuhur
  • Materi : Kitab “Kaifa Nurabbi Auladana” (Panduan praktis mendidik anak) karya Syaikh Jamil Zainu rahimahullah
  • Pemateri : Ust. Abu ‘Abdirrahman Musaddad hafizhohullah
  • Tempat : Masjid Imam Syafi'i Kamirie, Lainungan, Kab. Sidrap, Sul-sel.

2. HARI AHAD KEDUA
  • Waktu : 09.00 s/d Dzhuhur
  • Materi Kitab “Sifat shalat Nabi” Karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany rahimahullah
  • Pemateri : Ust. Abu Hamnah Ahmad hafizhohullah
  • Tempat : Masjid As-Sunnah, Kanie, Kab. Sidrap, Sul-sel.

3. HARI SABTU KEEMPAT
  • Waktu : Ba'da Maghrib
  • Materi : Kitab “Riyadhus sholihin” karya Imam An-Nawawi rahimahullah
  • Pemateri : Ust. Abu ‘Abdillah Khidir hafizhohullah
  • Tempat : Masjid As-Sunnah, Massepe, Kab. Sidrap, Sul-sel.

4. HARI AHAD KEEMPAT
  • Sesi I
  • Waktu : Ba'da Shubuh
  • Materi : Kajian Umum
  • Pemateri : Ust. Abu ‘Abdillah Khidir hafizhohullah
  • Tempat : Masjid Agung, Pangkajene Sidrap.

  • Sesi II
  • Waktu : 09.00 s/d Dzhuhur
  • Materi : Kitab “Masa'ilul Jahiliyah” (Perkara-perkara jahiliyah) karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab at-Tamimy rahimahullah
  • Pemateri : Ust. Abu ‘Abdillah Khidir hafizhohullah
  • Tempat : Masjid As-Sunnah, Kanie, Kab. Sidrap, Sul-sel.

B. KAJIAN PEKANAN

1. HARI SENIN
  • Waktu : Ba'da Isya'
  • Materi : Kitab “Taisirul ilah bi syarhi adillati syuruthi Laa ilaaha illallah” (Penjelasan syarat-syarat kalimat Tauhid) karya Syaikh 'Ubaid Al-Jabiry hafizhohullah
  • Pemateri : Ust. Abu Khodijah Hudzaifah hafizhohullah
  • Tempat : Masjid As-Sunnah, Kanie, Kab. Sidrap, Sul-sel.

2. HARI SELASA
  • Waktu : Ba'da Isya'
  • Materi : Kitab “Taisir karimirrahman fit tafsir kalamil manaan - Juz 'Amma” (Tafsir Juz 'Amma dari Tafsir As-Sa'di) karya Syaikh Abdurrahman As-Sa'diy rahimahullah
  • Pemateri :Ust. Abu Muhammad Fauzan hafizhohullah
  • Tempat : Masjid As-Sunnah, Kanie, Kab. Sidrap, Sul-sel.

Baca Selengkapnya...

Tuntunan dalam Iedhul Qurban

Penulis : Ustadz Azhari bin Muhammad Asri

Iedul Qurban adalah salah satu hari raya di antara dua hari raya kaum muslimin, dan merupakan rahmat Allah Subhanahu wa taala bagi ummat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Hal ini diterangkan dalam hadits Anas radiyallahu anhu, beliau berkata: Nabi shallallhu alaihi wa sallam datang, sedangkan penduduk Madinah di masa jahiliyyah memiliki dua hari raya yang mereka bersuka ria padanya (tahun baru dan hari pemuda (aunul mabud), maka (beliau) bersabda: "Aku datang kepada kalian, sedangkan kalian memiliki dua hari raya yang kalian bersuka ria padanya di masa jahiliyyah, kemudian Allah menggantikan untuk kalian du a hari raya yang lebih baik dari keduanya; hari Iedul Qurban dan hari Iedul Fitri." (HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasai dan Al-Baghawi, shahih, lihat Ahkamul Iedain hal. 8).

Selain itu, pada Hari Raya Qurban terdapat ibadah yang besar pahalanya di sisi Allah, yaitu shalat Ied dan menyembelih hewan kurban. Insyallah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa hukum-hukum yang berkaitan dengan Iedul Qurban, agar kita bisa melaksanakan ibadah besar ini dengan disertai ilmu.

Baca Selengkapnya...

Keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah

Penulis : Depag Saudi Arabia

Keutamaan Sepuluh Hari (Pertama) Bulan Dzulhijjah

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين … أما بعد؛
Sesungguhnya merupakan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala, dijadikan-Nya bagi hamba-hamba-Nya yang shalih musim-musim untuk memperbanyak amal shaleh. Diantara musim-musim tersebut adalah sepuluh hari (pertama) bulan Dzul Hijjah yang keutamaannya dinyatakan oleh dalil-dalil dalam kitab dan Sunnah:

1. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
وَالْفَجْرِ . وَلَيَالٍ عَشْرٍ [ الفجر 1-2]
Demi fajar, dan malam yang sepuluh (Al Fajr 1-2)
Ibnu Katsir berkata: “ Yang dimaksud adalah sepuluh hari (pertama) bulan Dzul Hijjah“

Baca Selengkapnya...

Hukum-hukum dalam merayakan Iedhul Adha

Penulis : Depag Saudi Arabia

HUKUM-HUKUM ‘IDUL ADHA

Akhi Muslim…….
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan kita kepada hari yang agung ini dan memanjangkan umur kita sehingga dapat menyaksikan hari dan bulan berlalu dan mempersembahkan kepada kita perbuatan dan ucapan yang dapat mendekatkan kita kepada Allah.

Hari Raya qurban, termasuk kekhususan umat ini dan termasuk tanda-tanda agama yang tampak, juga termasuk syi’ar-syi’ar Islam, maka hendaknya kita menjaganya dan menghormatinya.

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوْبِ
Demikianlah (perintah Allah), dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati (Al Hajj 32).

Baca Selengkapnya...

Bagaimana mengisi bulan Dzulhijjah ?

Penulis : Depag Saudi Arabia

BAGAIMANA KITA MENYAMBUT BULAN KEBAIKAN INI ??

Hendaklah setiap muslim berupaya untuk menyambut musim kebaikan ini secara umum dengan taubatan nasuha (taubat sungguh-sungguh), meninggalkan dosa dan kemaksiatan, karena dosa-dosalah yang mencegah dari manusia karunia rabb-Nya, dan menutup hatinya dari Tuhannya. Begitu juga dituntut untuk menyambut musim ini dengan tekad yang kuat dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan keuntungan atas apa yang Allah ridhoi. Maka siapa yang benar dengan tekadnya Allah akan beri dia petunjuk :
وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا [العنكبوت : 69]
Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami “ (Al Ankabut 69)
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luas-nya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa “ (Ali Imran 133)

Baca Selengkapnya...

Amalan yang dianjurkan dalam sepuluh hari Dzulhijjah

Penulis : Depag Saudi Arabia

Pekerjaan yang dianjurkan pada hari-hari tersebut :
a. Shalat :
Disunnahkan bersegera mengerjakan shalat fardhu dan memperbanyak shalat sunnah, karena semua itu merupakan ibadah yang paling utama. Dari Tsauban radiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda :
Hendaklah kalian memper-banyak sujud kepada Allah, karena setiap kali kamu bersujud, maka Allah mengangkat derajat kamu, dan menghapus kesalahan kamu
Hal tersebut berlaku umum di setiap waktu.

b. Shoum (Puasa) :
Karena dia termasuk perbuatan amal shaleh. Dari Hunaidah bin Kholid dari istrinya dari sebagian istri-istri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, dia berkata:
Adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berpuasa pada tanggal sembilan Dzul Hijjah, sepuluh Muharram dan tiga hari setiap bulan (Riwayat Imam Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i).
Imam Nawawi berkata tentang puasa sepuluh hari bulan Dzul Hijjah : “Sangat disunnahkan “.

Baca Selengkapnya...

MENGHADAPI GERAKAN KRISTENISASI BERKEDOK LSM BERBENDERA ASING

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Alhamdulillah, dengan taufiq dari Allah ta'ala, saat ini Pondok Pesantren An-Nur Al-Atsari Banjarsari Ciamis sedang berjuang menghadapi GERAKAN KRISTENISASI oleh sebuah LSM berbendera asing yang telah mendapatkan dukungan sebagian masyarakat di desa UJUNG GAGAK, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap.

Desa ini adalah sebuah desa miskin dunia dan iman sekaligus, sehingga menjadi ladang empuk bagi KEGIATAN PEMURTADAN ummat Islam. Terletak di wilayah Kabupaten Cilacap, namun lebih mudah dijangkau melalui Ciamis dengan menyeberang lewat Pelabuhan Majingklak, kurang lebih 1,5 jam dari Pondok kami.

Dengan 2-3 kilogram beras mereka telah berhasil membeli iman sebagian umat Islam di desa ini, sehingga telah berhasil dimurtadkan beberapa keluarga dan telah berdiri 2 bangunan gereja yang kemungkinan besar tanpa IMB dan tanpa persetujuan masyarakat di sekitarnya.

Saat ini sementara dibangun gereja yang ketiga di lokasi yang berdekatan dengan tanah wakaf untuk pembangunan musholla, sebidang tanah yang telah diwakafkan beberapa tahun yang lalu namun belum dibangun karena tidak adanya dana.

Beberapa langkah yang sementara dan akan kami tempuh insya Allah:
1. Khutbah Jum'at pekan ini dan semoga bisa terus secara berkala
2. Kajian umum mengundang pemerintah dan masyarakat
3. Pengobatan, Pemeriksaan Kesehatan dan KHITAN Gratis
4. Pembagian Sembako Gratis
5. Membuka Lapangan Pekerjaan (?)
6. Beasiswa Pendidikan

Insya Allah kegiatan akan dilaksanakan pada hari Jum'at-Sabtu pekan ini. Bantuan dari kaum muslimin yang sangat kami perlukan:
1. Tenaga Medis
2. Pendanaan
3. Lobi kepada pemerintah Kabupaten Cilacap untuk melarang kegiatan tersebut, melarang pembangunan gereja dan mengeksekusi gedung gereja bermasalah seperti yang dilakukan wlikota Bogor baru-baru ini [yang ditentang oleh GP Anshor - Pemuda NU], jazaahullahu khairon.

Sumbangan dana dapat disumbangkan melalui:

1. BRI: 3153-0100-2706-507 an. Ojan Paojan

2. BNI: 002654-2376 an. Agus Iskandar

Setelah transfer wajib konfirmasi ke nomor 085256842111, dengan menyebutkan nama dan jumlah, jika tidak dikonfirmasi kemungkinan besar tidak akan sampai ke kegiatan ini, sebab nomor rekening tersebut digunakan untuk banyak keperluan.

Untuk informasi dapat menghubungi Ustadz Fauzan hafizhahullah (081219209841).

Sumber : Ust. Sofyan Chalid Ruray, via Facebook

Baca Selengkapnya...